M

Mendefinisikan Nilai individual di Keluarga 

Kemungkinan besar Anda memiliki pemahaman yang cukup baik tentang nilai-nilai individual Anda. Mungkin akan sedikit lebih rumit untuk mencoba mendefinisikan nilai-nilai keluarga Anda, karena ada lebih banyak orang yang perlu dipertimbangkan. Namun, dengan refleksi dan komunikasi, Anda dapat menemukan cara yang efektif untuk mendefinisikan nilai-nilai keluarga Anda.

Sebaliknya, kebanyakan orang mengikuti nilai-nilai yang dipelajari di masa kecil. Untuk mendekonstruksi nilai-nilai Anda, pikirkan masa kecil Anda dan tentukan nilai-nilai apa yang Anda serap.

Renungkan pilihan hidup utama. Setelah Anda memikirkan nilai-nilai Anda sebelumnya, luangkan waktu untuk mempertimbangkan apakah Anda telah mempertahankan ide yang sama sepanjang hidup Anda. Renungkan keputusan utama yang telah Anda buat dalam hidup Anda. Apakah kehidupan keluarga Anda mencerminkan nilai-nilai yang Anda miliki semula? Pertanyaan seperti ini dapat membantu Anda menentukan nilai-nilai Anda.
Anda juga dapat merefleksikan pilihan karir Anda. Misalnya, jika memperjuangkan keadilan sosial adalah nilai inti Anda, sudahkah Anda memilih jalur karier, seperti pekerjaan sosial, yang mengintegrasikan nilai itu?
Salah satu cara untuk mengetahui nilai-nilai Anda adalah dengan memeriksa bagaimana Anda membelanjakan uang Anda. Perjalanan?
Nilai-nilai umum meliputi: kejujuran, keseimbangan, kepedulian, kedermawanan, kesehatan, humor, pembelajaran, kebijaksanaan, kepemimpinan, dan kasih sayang.
Pikirkan keluarga Anda ketika Anda mempertimbangkan nilai-nilai seperti kerja sama, stabilitas keuangan, kerendahan hati, dan kesabaran.
Misalnya, kategori Anda dapat meliputi: Kepribadian, Karier, Keluarga, Teman, Kesehatan. Organisasi ini dapat mengarah pada kejelasan tentang apa yang paling penting bagi Anda.

Setelah Anda meluangkan waktu memikirkan nilai-nilai pribadi Anda, inilah saatnya untuk mencari tahu bagaimana mengintegrasikannya dengan anggota keluarga lainnya. Untuk melakukan itu, Anda semua perlu berkomunikasi secara efektif satu sama lain.
Anda juga dapat mencoba, “Apa yang memberi Anda kebahagiaan?
Pertanyaan-pertanyaan bagus lainnya untuk diajukan termasuk, “Apa yang membuat Anda paling bangga dengan keluarga kami?”
Dorong anggota keluarga Anda untuk mengajukan pertanyaan juga.

Jadilah pendengar yang baik. Selama diskusi keluarga Anda, penting bagi Anda semua untuk berlatih keterampilan mendengarkan yang baik. Untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan, ajukan pertanyaan tindak lanjut. Misalnya, jika pasangan Anda mengatakan bahwa ia menghargai kejujuran, tanyakan padanya bagaimana itu bisa menjadi lebih fokus bagi keluarga.
Anda juga dapat menggunakan isyarat non-verbal untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan. Setelah Anda menghabiskan waktu mendiskusikan nilai-nilai keluarga Anda dan menikmati waktu berkualitas bersama, Anda dapat memulai proses mendefinisikan nilai-nilai keluarga Anda dengan lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *